0,00 Rp

Tidak ada produk di keranjang.

Cara Mengatasi Error Establishing A Database Connection Saat Instal WordPress

“Error establishing a database connection ”kalimat ini merupakan salah pesan saat terjadi eror saat instalasi wordpress, hal ini bisa jadi mimpi buruk jika anda tidak bisa mengatasinya.

Jika kita mendapatkan pesan ini berarti website kita sudah tidak dapat berkomunikasi dengan database server, dan pastinya hal ini membuat website anda down.

Jika anda mengalami ini jangan panik, anda harus segera memperbaiki hal ini sebelum terjadi kerugian. Sebelum membahas cara mengatasinya kita harus tau terlebih dahulu apa itu “Error Establishing a Database Connection”?

Semua informasi yang terdapat diwordpress anda akan tersimpan di database server, baik itu post data, page data, login information dan sebagainya. Dari beberapa penyebab terjadinya eror pada database server yaitu:

  • Kredensial login database salah. Website WordPress Anda menggunakan informasi login terpisah untuk terhubung dengan MySQL Database.

Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection

Sebelum memulai melakukan troubleshooting lebih baik anda melakukan backup terlebih dahulu.

  • Cek Kredensial Login Database

Hal pertama yang harus di cek adalah kredensial login database anda sudah benar atau belum, karena ini adalah salah satu alas an paling sering kenapa terjadi eror. Detail koneksi situs WordPress anda disimpan disebuah file bernama “wp.config.php”, yang biasanya ada di root situs wordpress anda. File ini mengandung empat informasi penting yaitu : Database Name, Database Username, Database Password, Database Host. pastikan semuanya sudah benar. Buka file “wp.config.php” terletak di …/wordpress/admin/…. Berikut isi dari wp.confg.php

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host **//

/** The name of the database for WordPress */

Define( ‘DB_USER’, ‘nama database’ );

/** MySQL database username */

Define( ‘DB_USER’, ‘username’ );

/** MySQL database password */

Define( ‘DB_PASSWORD’, ‘password’ );

/** MySQL hostname */

Define( ‘DB_HOST’, ‘localhost’ );

 

Coba perikas kembali apakah ada kesalahan didalam file ini, jika ada kesalahan segera rubah ke yang benar sesuai yang anda tentukan saat instalasi wordpress. Patikan kembali nama database,username dan password  sudah benar. Tapi jika setelah melakukan ini database anda masih eror pastikan lagi user yang anda gunakan untuk worpress sudah memilki hak akses ke database wordpress. Berikut perintah untuk member akses ke user, dilakukan di mysql :

GRANT ALL PRIVILEGES ON namadatabase.* TO namauser@localhost;

 

Pastinya sekarang database server anda sudah berjalan semestinya, akan tetapi jika belum maka tulislah dikolom komentar. Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Reviews

Related Articles