belajar pemrograman dasar c++

belajar pemrograman dasar c++

0
153

Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan kepada Anda program yang sangat sederhana yang ditulis dalam bahasa C++. Saya akan menggunakan contoh ini untuk memberitahukan kepada anda beberapa aturan dasar yang mengatur bahasa C++.

Sekarang buka IDE yang anda gunakan kemudian copy pastekan code program berikut

#include <iostream>

using namespace std;

void main()

{

cout << “Hello, World!”;

return 0;

}

Perhatikan karakter # (hash) di awal baris pertama. Ini berarti isi dari baris ini adalah apa yang disebut preprocessor directive. Saya akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang preprocessor nanti, tetapi untuk saat ini saya akan mengatakan bahwa ini adalah bagian terpisah dari kompilator yang tugasnya adalah membuat beberapa modifikasi didalamnya. Awalan “Pra” menunjukkan bahwa operasi ini dilakukan sebelum pemrosesan penuh (kompilasi) berlangsung.

Perubahan preprocessor yang akan diperkenalkan sepenuhnya dikontrol oleh arahnya. Ketika preprocessor memenuhi direktif itu, ia menggantikan direktif dengan isi file yang namanya tercantum dalam direktif (dalam kasus ini adalah file bernama iostream). Perubahan yang dibuat oleh preprocessor tidak pernah mengubah konten file sumber Anda dengan cara apapun. Perubahan apapun dibuat pada salinan program Anda yang mudah hilang yang segera menghilang setelah compiler selesai bekerja.

Jadi mengapa perlu preprocessor untuk memasukkan isi file yang sama sekali tidak dikenal yang disebut iostream? Menulis program serupa dengan membangun konstruksi dengan blok yang sudah jadi. Blok itu disebut cout (Anda dapat menentukannya di dalam kode itu), tetapi compiler tidak tahu apa-apa tentang hal itu sejauh ibi. Khususnya compiler tidak memiki gagasan bahwa cout adalah nama yang valid untuk blok tersebut sementara cuot tidak. Compiler harus diperingatkan tentang hal itu.

Seperangkat informasi awal yang dibutuhkan kompiler termasuk dalam file header. File-file ini berisi kumpulan informasi awal tentang blok siap pakai yang dapat digunakan oleh program untuk menulis teks dilayar, atau membaca huruf dari keyboard. Jadi ketika program itu akan menulis sesuatu itu akan menggunakan blok yang disebut cout, yang mampu melakukan banyak trik.

Dalam bahasa C++, semua elemen dari pustaka C++ standar dideklarasikan didalam namespace bernama std. Namespace adalah wadah abstrak atau lingkungan yang dibuat untuk mengadakan pengelompokan yang logis dari entitas unik (blok).

Entitas yang didefinisikan dalam namespace hanya dikaitkan dengan namespace itu. Jika Anda ingin menggunakan banyak entitas C++ standar Anda harus memasukkan instruksi menggunakan namespace dibagian atas setiap file, di luar fungsi apapun. Instruksi harus menentukan nama namespace yang diinginkan (std dalam kasus ini). Ini akan membuat fasilitas standar tersedia di seluruh program.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here