Remote Access Mikrotik Melalui Winbox, Webfig, Telnet, SSH

0
225

Untuk meremote perangkat mikrotik terdapat beberapa cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Remote Akses Menggunkan Winbox

Winbox adalah tool yang digunakan untuk meremote perangkat Mikrotix. Winbox merupakan tool yang paling umum digunakan saat ini karena penggunaannya yang mudah dan berbasis GUI. Untuk mengakses mikrotik melalui Winbox kita bisa menggunakan 2(dua) cara yaitu dengan menggunakan MAC Address dan IP Address.

  • Remote Access Mikrotik Menggunakan Mac Address, teknik ini digunakan hanya saat perangkat Mikrotix belum diberi IP, seperti gambar dibawah ini IP Addressnya masih 0.0.0.0, jika perangkat sudah diberi IP tidak disarankan meremote menggunakan MAC Address karena tidak stabil.. Cara meremotenya yaitu : masuk ke winbox dan pastikan perangkat mikrotik sudah terhubung dengan PC kita, kemudian klik pada MAC Address router(1) dan nanti MAC address router akan mucul diatas bagian connect-to(2) kemudian klik connect(3).

Sekarang kita sudah bisa meremote router.

  • Remote Access Mikrotik menggunakan IP Address.

Sebelum meremote menggunakan IP address pastikan perangkat mikrotik sudah diberi IP dan samakan network PC anda dengan perangkat Mikrotik. Disini saya menggunakan network 192.168.1.0/24. Untuk cara meremotenya masuk ke winbox kemudian klik pada bagian IP Address(1), setelah di klik IP Address akan mucul pada bagian connect-to(2), setalah itu klik connect(3).

2. Remote Access Mikrotik Menggunakan WebFig

Bagi yang belum mengetahui apa WebFig itu? WebFig merupakan cara mengakses perangkat melalui web browser. Web browser yang digunakan bisa apa saja tergantung kesukaan kita, misal Mozila Firefox dan Google Chrome. Untuk meremote dengan WebFig caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengetikan IP Address pada kolom pencarian, dan tekan enter.

 

3. Remote Access Mikrotik Menggunakan Telnet

Cara lain untuk meremote perangkat Mikrotik adalah dengan menggunakan telnet. Telnet sudah terinstal secara otomatis pada beberapa sisitem operasi seperti Windows dan Linux, kita juga bisa menggunakanj software tambahan yaitu PuTTY. Kelemahan mengakses perangkat menggunakan telnet ini adalah kurangnya keamanan karena pengiriman username dan password dengan clear text, sehingga mudah diketahui jika ada yang menyadap jaringan. Untuk mengakses perangkat melalui telnet hanya perlu menggunakan terminal untuk Linux dan Command Prompt untuk Windows. Pada Linux telnet defaultnya sudah on, sedangkan pada Windows fitur telnet defaulnya masih off, jadi perlu kita aktifkan dengan cara mengetikan perintah berikut pada CMD.

pkgmgr /iu:”TelnetClient”

Kemudian ketikan perintah telnet dan masukkan IP perangkat mikrotix.

Kemudian masukkan username dan password perangkat anda.

4. Remote Access Mikrotik Menggunakan SSH

Kita juga bisa mengakses perangkat kita menggunakan SSH, SSH digunakan untuk menggantikan Telnet. SSH sudah terinstall pada perangkat Linux akan tetapi pada perangkat Windows secara default belum terinstall, oleh karena itu kita memerlukan aplikasi pihak ketiga yaitu PuTTY. Buka PuTTY, pada Host Name masukkan IP perangkat yang akan diremote, pada port ketikkan 22 karena port SSH adalah 22. Kemudian pada Connection type pilih SSH. Jika sudah klik pada bagian Open. Lalu masukkan username dan password anda.

 

Itulah beberapa cara meremote perangkat mikrotik, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here