Laptop Tidak Bisa Masuk Windows bisa disebabkan oleh bebrapa hal. Diantaranya adalah kerusakan hardware ataupun kerusakan pada system operasi. Dalam banyak kasus masalah dari kerusakan laptop ini sering dikarenakan oleh system operasi. Hal ini berarti semua hardware tetap berfungsi baik namun windows tidak dapat diakses.

Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Penjelasan dibawah ini akan membantu nanda dalam menentukan kenapa laptop tidak start atau terjebak di layar logo laptop atau. Laptop yaang tidak responsif  atau Laptop Tidak Bisa Masuk Windows bisa disebabkan oleh salah satu alasan berikut ini:

  1. Adanya file yang tidak sengaja terhapus pada Sistem Operasi Windows
  2. Kemungkinan akan adanya virus, spyware maupun Trojan yang ikut loading ketika anda men-start up laptop anda.
  3. Adanya kerusakan pada file ataupun driver yang kemudian menyebabkan windows gagal ketika
  4. Adanya sistem Operasi Windows yang rusak ataupun belum diinstal.
  5. Adanya setting BIOS yang settingannya telah dirubah ataupun tidak benar.

Solusi untuk Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Dari beberapa alasan mengenai Laptop Tidak Bisa Masuk Windows diatas, anda bisa mencoba untuk mengecek dan mengatasi masalah-masalah tersebut dengan cara – cara berikut ini:

  1. Cobalah untuk start-up dengan memakai Safe Mode

Anda dapat melakukannya dengan menekan  F5 pada keyboard anda saat laptop anda pertama kali akan masuk ke windows. Kemudian pilihah Safe Mode, saat laptop berhasil untuk masuk ke windows. Hal ini berarti akan ada loading yang tidak bisa dibaca oleh windows secara benar. Anda bisa mencoba untuk mematikan loading tersebut dengan memakai “MSconfig” di langkah start-up. (Start => run => Msconfig).

  1. Repair windows

Cara paling mudah dalam memulihkan komputer yang tidak bisa masuk ke windows adalah dengan menggunakan repair windows. Anda hanya harus memasukkan CD instalasi windows, lalu ubahlah BIOS untuk mencoba start-up melalui CD ataupun DVD-ROM. Selanjutnya, setelah instalasi masuk pada bagian install windows, maka anda dapat memilih opsi repair windows. Anda bisa menginstal windows ke dalam folder baru ataupun melakukan format harddisk apabila repair windows yang anda lakukan gagal.

  1. BIOS

Pastikan anda tidak mengubah setting dari BIOS sebelumnya. Apabila anda memang sudah merubah setting BIOS, maka anda harus mengembalikan setting BIOS seperti semula. Apabila anda lupa, anda dapat memilih Loading BIOS Default.

  1. Kerusakan yang terjadi pada Driver VGA Card juga bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa masuk ke windows. Untuk penyebab tersebut, anda bisa mencoba untuk melakukan Safe Mode kemudian uninstall Driver VGA Card yang telah rusak. Setelah itu, anda dapat menginstal ulang Driver VGA yang benar ketika masuk kedalam windows secara normal.

Apabila cara – cara yang disebutkan diatas sudah anda lakukan namun ternyata anda gagal. Maka ada kemungkinan salah satu hardware laptop anda mengalami kerusakan. Pada umunya hardware yang mengalami kerusakan adalah Memory Harddisk VGA. Atau ada kemungkinan bahwa Mainboard juga mengalami kerusakan.  Namun terjadinya kerusakan dari Mainboard memiliki kemungkinan paling kecil

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab dan solusi untuk Laptop Tidak Bisa Masuk Windows. Oleh sebab itu, jangan terlalu panik ataupun langsung berpikir untuk membawa laptop anda ke ahli reparasi laptop. Anda dapat mencoba untuk mencari tahu tahu dimana letak kerusakanya dan melakukan beberapa tips diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here