Jual beli online menjadi gaya baru dalam bertransaksi era modern. Perkembangan dunia internet yang semakin maju menjadi penopang berkembangnya bisnis online tersebut. Toko-toko online menjamur tak terbendung bak jamur dimusim hujan dengan berbagai kemudahan dan fasilitas yang super instan. Gaya hidup masyarkat yang semakin menghendaki kemudahan dan serba instan menjadikan salah satu faktor berkembangnya bisnis jual beli online. Namun di tengah-tengah menjamurnya bisnis jual beli online ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan hal tersebut untuk menipu atau berbuat kejahatan yang bertujuan hanya mengeruk keuntungan dari calon pembeli tanpa pernah mengirimkan barangnya. Penipuan seperti ini sudah banyak memakan korban.

Berbagai kasus kejahatan jual beli online bermunculan kepermukaan, baik yang terekspos media atau yang hanya terdengar dari mulut ke mulut. Lalu bagaiman agar kita terhindar dari kejahatan penipuan jual beli online, berikut kami sampaikan tips aman agar terhindar dari kejahatan jual beli online.

Beberapa langkah sederhana yang perlu diketahui agar anda tidak mudah tertipu jual beli online di online shop:

  1. Bertransaksilah di toko online yang terpercaya atau memiliki reputasi bagus. Sebelum kamu membeli sesuatu di toko online, sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah website online shop yang kamu kunjungi tersebut terpercaya atau tidak. Dalam hal ini kamu bisa cari tahu apakah orang-orang yang berlangganan di toko online tersebut memberikan kesan puas atau malah sebaliknya.  Jika banyak yang merasa puas, berarti online shop tersebut memiliki reputasi bagus, maka kamu bisa melanjutkan pembelian namun jika banyak keluhan, maka jangan diteruskan. Hati-hati juga dan pastikan juga bahwa testimonial itu asli bukan palsu atau hanya karangan sendiri.
  2. Hati-hati dengan penjual atau toko online yang tidak menerima untuk melakukan Cash On Delivery (COD). Ciri ini yang sangat mudah untuk dikenali, karena biasanya si penjual tidak mau diajak bertatap muka langsung dengan pihak pembeli. Alasannya sibuk dan bla…bla…bla…., beberapa toko online palsu juga mencantumkan alamat palsu yang sering kali sengaja dibuat sulit dijangkau agar pembeli enggan bertatap muka.
  3. Lakukan komunikasi yang baik dan jelas dengan penjual, tentang barang dan harga yang dijual. Hindari jika penjual mengajak anda bertemu di tempat-tempat yang mencurigakan. Jika anda diajak bertemu di tempat yang sangat jauh dan tidak dikenal oleh anda, sebaiknya anda tolak saja, karena mungkin anda akan dijebak.
  4. Biasanya online shop yang baik akan memberikan informasi lengkap dan akurat seperti alamat lengkap toko, nomor kontak person, informasi cara pembayaran, atau jaringan transaksinya
  5. Hati-hati agar tidak mudah percaya terhadap penjual yang menawarkan barang bagus dengan harga yang super murah/miring. Siapa yang tidak ingin mendapatkan barang yang murah. Namun anda perlu berhati-hati dan perhatikan secara teliti apakah barang tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Jika barang bagus dijual dengan harga yang sangat murah/miring dibawah pasaran, ada baiknya anda dicurigai.
  6. Pilih online shop yang menggunakan rekening bersama dalam bertransaksi jual beli online, dan pastikan bahwa rekening tersebut terpercaya. Dengan menggunakan rekening bersama merupakan salah satu tindakan cerdas. Karena dengan rekening bersama pembayaran akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak rekening bersama selama barang yang kamu pesan belum diterima.
  7. Teliti secara cermat dan baik perusahaan pengelola online shop tersebut. Laporkan lapak, toko atau kios yang bermasalah ke admin pengelola toko online tersebut
  8. Cermati dengan teliti sebelum anda membeli

Demikian langkah sederhana agar anda terhindar dari kejahatan jual beli online yang sudah  banyak memakan korban. Selalu waspada dan hati-hati karena saat anda bertransaksi di internet karena kejahatan dan penipuan jual beli online selalu mengintai korbannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here