Cara Uninstal Windows 8 Pada Dual Installation

Ketika anda mencoba mencari cara uninstal windows 8 itu berarti anda tidak cukup puas dengan apa yang ditawarkan OS terbaru dari windows tersebut. Semenjak diluncurkan, memang banyak yang penasaran dengan windows 8 ini sehingga banyak yang melakukan dual installation yakni melakukan instal dual OS pada PC. Saat PC dihidupkan maka ada pop up pertanyaan untuk menggunakan OS yang mana. Namun tentu saja hal tersebut beresiko membuat kinerja PC menjadi lebih lemot. Maka tidak heran jika banyak yag menyesalinya dan ingin menguninstal windows 8.

Banyak dari pengguna PC seperti laptop dan notebook yang ingin mengetahui cara uninstal windows 8. Hal tersebut terjadi karena berbagai alasan seperti tidak kompatibelnya windows 8 dengan PC. Atau bisa juga karena pengguna merasa kurang nyaman memakai windows 8 yang notabennya merupakan OS baru. Apapun alasannya, uninstal OS windows 8 tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dilakukan sesuai step-step yang direkomendasikan dan aman untuk laptop.

Cara Uninstal Windows 8 Pada Dual Installation

Sebelum beralih ke cara uninstal windows 8, perlu diketahui bahwa data yang tersimpan selama menggunakan windows 8 akan terhapus setelah proses uninstal tersebut. maka jika terdapat data-data penting sebaiknya dilakukan back up data terlebih dahulu. Setelah tidak ada data yang tertinggal, maka bisa langsung ke tahapan berikut:

  • Tanpa bantuan software

Pertama, tekan tombol start berlogo windows pada PC danjuga huruf R. Lalu ketik ‘msconfig’ dan klik opsi ‘ok’. Kemudian pilih tab ‘boot’ dan disitu akan terlihat ada dua OS dalam daftar. Kemudian pilihlah windows 7 dan klik ‘set as default’. Untuk windows 8 bisa di klik dan pilih opsi ‘delete’. Setelah itu klik ‘apply’ juga ‘ok’. Tunggu sampai ada perintah untuk ‘restart’ kemudian pilih opsi tersebut dan tunggu sampai PC hidup kembali.

Lanjutkan dengan klik tombol ‘start’ kemudian pilih menu ‘control panel’->’administrative tools’->’computer management’->’storage’->’disk management’. Setelah itu klik kanan drive yang digunakan pada saat dulu kita menginstalkan windows 8 dan pilih ‘delete volume’. Setelah selesai maka PC bisa kembali di restart dan windows 8 sudah sepenuhnya diuninstal.

  • Dengan bantuan software

Cara uninstal windows 8 lainnya bisa dengan menggunakan software yakni EasyBCD. Namun prinsipnya sama saja seperti apa yang dilakukan dengan cara manual. Pertama, hidupkan PC dengan menggunakan OS windows 7. Kemudian unduh aplikasi atau software ini EasyBCD ini. Lalu buka aplikasinya dan klik ‘yes’ ketika muncul notif dari User Control Dialogue Account.

Setelah itu lanjutkan dengan memilih menu “Edit Boot’. Pada menu tersebut akan terlihat daftar OS yang dipakai yang pada kasus ini windows 7 dan 8. Pilih ‘delete’ untuk windows 8 dan ‘yes’. Setelah itu klik ‘save settings’. Lanjutkan dengan proses memformat disk yang digunakan untuk menginstal windows 8 dulu. Caranya pilih menu ‘my computer’ dan klik kanan pada partisi/disk windows 8 dan pilih ‘format’ lalu pilih ‘start’. Dan windows 8selesai diuninstal. Kemudian PC bisa di restart agar bisa berfungsi dengan lebih optimal.

Kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk dipraktekkan sendiri tanpa bantuan ahli IT. Pastikan setiap langkah-langkah dilakukan dengan benar agar windows 8 benar-benar teruninstal dengan baik. Namun perlu diingat bahwa kedua cara uninstal windows 8 diatas hanya berlaku pada PC yang terinstal dual OS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here