Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara menghilangkan virus dan mencegahnya agar tidak kembali lagi dapat terbilang sulit bagi yang belum mengetahuinya. Namun rasa sulit tersebut akan dapat segera diatasi dengan membaca artikel ini. Sebenarnya menghilangkan virus shortcut pada komputer dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Agar menghilangkan virus secara keseluruhan dapat dilakukan maka pertama-tama kita harus mengetahui serta mempelajari bagaimana sistem pada virus ini bekerja. Biasanya, virus shortcut bekerja dengan menyembunyikan file yang asli yang terdapat pada komputer dan mengubahnya menjadi super hidden lalu membuat duplikat dengan bentuk shortcut.

Cara Menghilangkan Virus

Agar kita tidak menjadi bingung, berikut cara untuk menghilangkan virus shortcut dengan mudah.

  1. Antivirus

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan antivirus. Ini merupakan cara yang dapat digunakan apabila file pada komputer, laptop, atau flashdisk terkena virus. Antivirus Avast yang versi free dapat kita download tanpa mengeluarkan biaya. Sebab di sini juga ada yang versi gratis serta berbayarnya sehingga kita tinggal memilihnya mana yang dapat kita gunakan sebagai antivirus. Virus ini juga memiliki kemampuan yang baik untuk menghilangkan virus.

  1. Scanning

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan proses scaning. Setelah memiliki antivirus, lakukan proses svcaning secara menyeluruh agar virus dapat hilang secara total. Tunggulah beberapa saat hingga proses scan selesai. Setelah selesai, akan ditemukan virus apabila komputer, laptop, atau flashdisk terkena virus. Kita dapat menghapus seluruh virus tersebut dan file kita tetap aman.

  1. Menghapus Berkas file

Kita juga dapat menghapus berkas file virus pada flashdisk atau laptop serta komputer. Namun, setelah file dihapus, biasanya masih ada shortcut yang ditinggalkan oleh virus. Apabila file tersebut berada pada flashdisk, maka kita harus membuka isi dari flashdisk tersebut. Lihatlah dimana letak folder flashdisk tersebut.

Setelah mengetahui letaknya maka kita dapat melakukan penghapusan pada folder atau file yang terinfeksi virus. Misalnya saja flashdisk ada di F, maka bukalah drive F menggunakan cmd. Caranya yaitu dengan masuk pada menu run kemudian tekanlah secara bersama-sama tombol windows dan huruf R lalu masukkan cmd kemudian enter.

Setelah itu maka format akan terbuka. Misalnya saja pada flashdisk, kita dapat mengetik F:\>_ kemudian kita dapat melakukan penghapusan. Jika kita ingin menghapus shortcut pada virus maka yang kita lakukan yaitu mengetikkan *del.ink s/d/ lalu tekan enter. Tekanlah enter sebanyak diperlukan. Dengan begitu virus shortcut akan hilang secara total.

Jika ingin menampilkan file yang disembunyikan virus maka kita dapat melakukan dengan merubahnya menjadi normal. Yaitu dengan mengetik  attrib –S -H *.* /s /d kemudian enter. Tunggulah prosesnya hingga selesai. Jika sudah selesai maka file yang ddisembunyikan oleh virus tadi dapat kembali normal.

Pentingnya Mengetahui Cara Menghilangkan Virus

Mengetahui cara menghilangkan virus terutama virus shortcut sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengoperasikan komputer apabila komputer kita terkena virus. Sebab apabila terkena virus biasanya akan menjadi lemot atau menyebabkan gangguan yang lainnya.

Dengan mengetahui cara di atas kita juga tidak perlu panik atau cemas apabila komputer, laptop, maupun flashdisk terkena virus. Sebab dengan panik atau khawatir saja tidak akan menyelesaikan masalah. Yang perlu kita lakukan yaitu dengan mellakukan cara yang telah disebutkan di atas. Semoga tips/ cara menghilangkan virus  dalam artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here