Cara mempercepat kinerja laptop merupakan suatu cara yang di era modern ini sangat di cari oleh banyak orang. Era modern yang hampir secara global menggunakan perangkat elektronik menuntut manusia untuk ikut andil di dalamnya. Salah satunya yaitu dengan memiliki perangkat laptop dan mampu untuk mengoperasikannya.

Kemampuan mengoperasikan laptop ini, sebenarnya tidak harus membutuhkan tingkat kecerdasan orang yang tinggi, namun cukup dengan kebiasaan dan ketelatenan pengguna laptop dalam mengoperasikannya. Namun sering terjadi gendala ketika mengoperasikan leptop, laptop menjadi panas yang tentu menjadi semakin lambat kinerjanya. Baik kinerja untuk browsing maupun yang lainnya.

Kecacatan ini terutama sering di alami oleh laptop dengan pembelian tidak baru atau disebut dengan kata lain second. Untuk mengatasi beberapa gendala tersebut penulis memiliki beberapa tips agar kinerja laptop second (bekas) tersebut bisa maksimal.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Second
1.      Menghapus File-file (Sementara) Sampah pada Recycle Bin.
Cara mempercepat kinerhja laptop yang pertama ini dapat dilakukan dengan cara Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.File sementara (sampah) tersebut dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Dalam menerapkan cara ini Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

2.      Melakukan Uninstall terhadap Program-program yang dianggap tidak penting.
Untuk melakukan cara yang kedua ini dapat diawali dengan melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakanatau tidak penting. Hal ini berfungsi untuk membuang program-program yang tidak digunakan. Karena disayangkan jika telah menginstal program yang hanya membuang ruang hardisk anda.

  1. Meminimalisasi Program-Program yang Berjalan Pada saat Startup

Peminimalisiran Program-Program yang Berjalan Pada Startupini dapat dilakukan dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilihtab Startupkemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.Hal ini diakukan karena semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadikan salah satu faktor yang menyebabkan kinerja laptop menurun. Sehingga dengan menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup maka akan memeperringan kinerja laptop. Untuk melakukan cara ini dengan jalan yang lebih mudah, dapat juga dilakukan dengan menggunakan CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

  1. Melakukan Scan Terhadap Laptop dengan menggunakan Antivirus.

Cara mempercepat kinerja laptop yang terakhir yaitu dengan melakukan scan menggunakan Antivirus. Antivirus merupakan software (perangkat lunak) yang digunakan untukmengamankan,mendeteksi, danmenghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software.

Cara mempercepat kinerja laptop Dengan Aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem laptop telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Secara Umum, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Silahkan Anda menerapkan beberapa tips diatas, pasti Anda akan merasakan perbedaan yang ditunjukkan oleh sistem laptop Anda, hal ini dikarenakan file-file yang membebani sistemnya mulai berkurang, sehingga walaupun yang anda gunakan adalah laptop second, tapi kemampuannya tetap bisa bekerja lebih optimal seperti laptop baru. Demikianlah beberapa Cara mempercepat kinerja laptop second, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here