Apa Saja Yang Bisa Diatur Didalam Local Server?

0
213

Setelah menginstal windows server kita perlu mengatur beberapa hal sederhana seperti Computer Name, Firewall dan Remote Desktop. Computer name membuat kita lebih mudah dikenali jika kita memliki banyak server. Firewall, saat firewall dalam keadaan hidup computer server kita tidak bisa di ping dari device lain, sehingga kita perlu mematikan firewall. Remote desktop, saat fitur ini dihidupkan kita dapat meremote server kita dari jarak yang jauh tanpa harus duduk didepan server, karena kebanyakan server tidak memakai monitor maka fitur ini diperlukan.

  • Cara Masuk Ke Local Server

Pertama nyalakan Windows server anda dan masuk ke server managemen. Biasanya akan terbuka otomatis saat menyalakan server. Jika belum ikuti langkah berikut : Klik logo windows lalu pilih server manager.


Setelah terbuka pilih Local Server. Didalam local server terdapat banyal hal yang bisa kita atur akan tetapi kita hanya akan mengatur hal-hal yang penting saja. Tampilan Local Server akan tampak seperti dibawah ini :

Gambar1
  1. Cara mengganti Computer name

Perhatikan Gambar1, dan klik pada bagian Computer name(1). Kemudian perhatikan gambar dibawah ini, untuk mengganti computer name klik change(1), kemudian ketikan nama server yang anda inginkan pada kolom Computer name(2). Setelah selesai klik ok(3), setelah itu anda disuruh untuk merestart server anda untuk menyimpan computer name yang terbaru.

2. Cara mematikan firewall di windows server

Perhatikan Gambar 1 diatas, kemudian klik pada Windows Firewall(2), disitu tertera bahwa windows firewall dalam keadaan hidup. Pada gambar dibawah ini pilih “Turn Windows Firewall on or off”.

Kemudian akan tampak seperti gambar dibawah ini. Lalu matikan windows firewall dengan cara memilih “Turn off windows firewall”. Lalu klik ok.

 

3. Cara mengaktifkan fitur remote desktop.

Pada Gambar 1 diatas, klik pada bagian “Remote Desktop”(3). Kemudian pilih “Allow remote connection to this computer” kemudian ceklis pada opsi dibawahnya. Lalu klik “apply” dan “ok”.


Itulah beberapa hal yang bisa kita atur pada Local Server. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here